Naruto Uzumaki Shoulder Pump

Selasa, 07 November 2017

Makalah Daur Ulang (Softskill)

MUHAMMAD BAEDOWY, PENGUSAHA DAUR ULANG SAMPAH YANG SUKSES SERTA PENGARUH USAHANYA DALAM MELESTARIKAN LINGKUNGAN



 
 
Disusun Oleh :
    o   Nadia Damayanti (26217653)
    o   Eunike Chyntia (21217991)
    o   Desiana Herlina (21217551)
    o   Rahayu Agriani (24217885)
    o   Sondang Desriana (25217748)
    o   M. Saad Anshory (23217399)


1EB18

PENGANTAR BISNIS #
                                               DOSEN : S TIWI ANGGRAENI



UNIVERSITAS GUNADARMA
Jalan. K.H Noer Ali, Kalimalang, Bekasi



BAB I
PENDAHULUAN
 1.1   Latar Belakang
Sampah sering menjadi masalah terutama di kota-kota besar, sampah merupakan salah satu yang menyebabkan kerusakan lingkungan dan berbagai sumber penyakit. Rata-rata manusia membuang 1 kilogram sampah setiap hari. Kebanyakan berupa sampah plastik dan streofrom, padahal kedua jenis sampah ini sulit untuk terurai. Plastik misalnya butuh waktu hampir satu abad supaya plastik bisa terurai sempurna oleh alam.
Bisa dibayangkan seperti apa kerusakan yang ditimbulkan bila sampah plastik tidak dikelola dengan baik. Berdasarkan hal yang telah terurai sebelumnya, sudah seharusnya ada suatu cara untuk mengolah atau memanfaatkan limbah plastik bekas ini. Dalam pengolahannya, kita dapat memikirkan aspek ekonomisnya pula, agar kita termotivasi untuk mendaur ulang limbah plastik bekas untuk menyelamatkan lingkungan dan terhindar dari penyakit.
Ditangan Muhammad Baedowy, sampah bisa diubah jadi rupiah dengan teknologi daur ulang sampah. Sekarang usaha daur ulang plastiknya memiliki omset sekitar 400 juta rupiah per bulan. Baedowy pernah bekerja di bank, dan ia menyadari bahwa dengan usahanya sendiri dia tidak akan dipecat, tetapi untuk meraih kesuksesannya dia juga mengalami jatuh-bangun. Botol-botol yang dikumpulkan pemulung dibersihkan untuk daur ulang.

1.2   Masalah
Masalah yang akan dibahas adalah bagaimana proses pembuatan cacahan plastik menjadi suatu barang yang memiliki nilai rupiah. Berapa patokan harga per unit, serta bagaimana cara mendistribusikan dan menjual barang hasil daur ulang dari plastik tersebut.

1.3   Tujuan
Tujuan kami membuat makalah ini adalah untuk mengetahui proses daur ulang plastik dengan menggunakan metode sederhana dan menggunakan bahan–bahan ramah lingkungan seperti Limbah plastik dan memprosesnya menjadi kerajinan tangan berupa bola plastik, celengan, tempat sapu, tali rafia dan hasil cacahan plastik untuk pembuatan barang lainnya yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.


BAB II
ISI
Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, Kerusakan Lahan, dan emisi gas jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses sampah 4R (Reduce, Reuse,Recycle, and Replace). Berikut ini merupakan tahap-tahap umum dari kegiatan daur ulang yang dapat dilakukan :
o   Mengumpulkan
Yakni mencari barang-barang yang telah di buang seperti kertas, botol air mineral, dus susu, kaleng dan lain-lainya.
o   Memilah
Yakni mengelompokkan sampah yang telah dikumpulkan berdasarkan jenisnya, seperti kaca, kertas, dan plastik.
o   Menggunakan Kembali
Setelah dipilah, carilah barang yang masih bisa digunakan kembali secara langsung. Bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
o   Mengirim
Kirim sampah yang telah dipilah ke tempat daur ulang sampah, atau menunggu pengumpul barang bekas keliling yang akan dengan senang hati membeli barang tersebut.
o   Lakukan Daur Ulang Sendiri
Jika mempunyai waktu dan ketrampilan kenapa tidak melakukan proses daur ulang sendiri. Dengan kreatifitas berbagai sampah yang telah terkumpul dan dipilah dapat disulap menjadi barang-barang baru yang bermanfaat.

Kode nomor recycle mulai dari angka 1 sampai dengan 7, yaitu :
o   Nomor 1
Menunjukkan plastik yang paling mudah dan umum untuk didaur ulang,  yaitu plastik yang terbuat dari polyethylene terephthalate (PETE). Contohnya adalah  botol bekas kemasan air mineral, minuman bersoda, kemasan obat-obatan dan  bekas kemasan produk konsumen lainnya. PETE yang telah didaur ulang kemudian dibuat menjadi jas hujan, sleeping bag, jaket, karung plastik, tali, bemper mobil, sisir, pita kaset, furnitur dan tentu menjadi botol kemasan lagi.
o   Nomor 2
Adalah high density polyethylene (HDPE) yang biasa digunakan sebagai  botol deterjen, susu, sampo, dan minyak pelumas motor. Plastik dengan label recycle ini biasanya didaur ulang menjadi mainan, pipa dan tali.
o   Nomor 3
Adalah polyvinyl chloride (PVC). Plastik dengan label recycle ini banyak digunakan untuk pembuatan pipa PVC, gorden shower kamar mandi, selang untuk kebutuhan medis dan dashboard vinyl.
o   Nomor 4
Adalah low density polyethylene (LDPE) yang biasa digunakan untuk pembuatan kantong plastik.
o   Nomor 5
Adalah polypropylene (PP) yang digunakan pada Tupperware, dll.
o   Nomor 6
Adalah untuk plastik berbahan polystyrene (Styrofoam) yang biasa digunakan sebagai wadah makanan atau minuman sekali pakai, tempat daging di supermarket dan bahan insulasi. Styrofoam dapat didaur ulang dengan mudah dan dapat dijadikan berbagai aneka barang, seperti pita kaset dan bahan insulasi busa.
o   Nomor 7
Adalah plastik yang paling sulit untuk didaur ulang. Plastik semacam ini dibuat dari kombinasi bahan-bahan plastik dari kelompok berlabel 1-6 atau bahan plastik yang diformulasikan secara khusus.


Muhammad Baedowy, Pengusaha daur ulang Sampah yang Sukses

Semua orang dapat berpartisipasi dalam proses daur ulang. Di Indonesia, pengusaha seperti Muhammad Baedowy pun memiliki bisnis di bidang daur ulang sampah anorganik. Selain memproduksi mesin pencacah sampah plastik, Baedowy juga memproduksi lakop sapu yang dibuatnya dari botol minuman mineral. Berkat sampah, ia berhasil meraih sejumlah prestasi, di antaranya menjadi jawara I Wira UKM Dji Sam Soe Award 2009 dan meraup omset Milyaran rupiah.                                                        Gambar 2.1: Muhammad Baedowy
Muhammad Baedowy memulai usaha 14 Tahun yang lalu. Ia mengakui ingin jadi pengusaha sejak kecil. Di CV Majesty Buana Group milik Baedowy, berbagai jenis sampah plastik dikumpulkan dan dipilah sampah plastik tersebut ia dapatkan dari lapak, pengepul atau langsung dari pemulung. Awalnya, pekerjaan Muhammad Baedowy cukup baik yaitu auditor sebuah bank yang sangat mapan. Ketika karirnya menanjak, dia memutuskan untuk keluar.
Dia memilih menjadi pengusaha sampah. Kini usahanya menjadi bosnya para pemulung itu semakin sukses. Sehari-hari Baedowy berkantor di sebuah bangunan yang luasnya sekitar 100 meter persegi. Bangunan yang dilengkapi AC itu terletak agak tersembunyi di antara tumpukan botol oli bekas, botol minuman, botol sampo, dan berbagai sampah plastik. Bangunan tersebut berdiri di atas lahan seluas total seribu meter persegi, di kawasan Desa Cimuning, Bekasi Timur. Di tempat itulah, Baedowy meraup rezeki di bawah bendera CV Majestik Buana Group.
Jika orang menganggap sampah sebagai barang yang menjijikkan, bagi Baedowy justru sebaliknya, sampah adalah harta karun. Dengan sampah kini ia bergelimang rupiah. Usaha yang dirintisnya sukses, sebagai juragan sampah yang mampu mengekspor 2 kontainer biji sampah plastik ke China setiap minggu dengan omset menggiurkan. Setiap kesuksesan itu memang perlu diperjuangkan. Kerja keras Baedowy selama bertahun-tahun membuktikan itu. Berawal ditahun 2000 saat ia membidik peluang bisnis sampah plastik. Meski ia mantan seorang pekerja kantoran yang setiap hari berdasi, Baedowy sama sekali tak merasa risih harus bercengkrama dengan tumpukan sampah. Bahkan iapun tak ragu berkeliling  berburu sampah ke setiap wilayah siang dan malam.
Kini selain berbisnis peraih beragam penghargaan seperti Dji Sam Soe Award, Kalpataru dan lainnya ini disibukkan dengan mengajar dan memberikan kuliah umum di beberapa universitas di tanah air. “Sampah adalah masalah besar bangsa kita. Tapi kalau diolah secara baik dan tepat dengan teknologi tepat pula, sampah pun bisa menjadi rupiah. Saya berobsesi untuk menyebar luaskan pengetahuan saya ini kepada seluruh masyarakat,” pungkasnya.


 
A.   Produk Yang dibuat oleh Pengusaha daur ulang sampah, Muhammad Baedowy
Berbagai jenis sampah plastik dikumpulkan dan dipilah, sampah plastik tersebut ia dapatkan dari lapak, pengepul atau langsung dari pemulung. Setelah terkumpul, botol plastik dikelompokkan berdasarkan jenis dan warna. Sedangkan untuk gelas plastik, dibersihkan terlebih dahulu dari tutupnya baru kemudian dimasukkan ke mesin pencacah. Didalam mesin, botol dicampur dengan air sabun.                   Gambar 2.2: Ilustrasi Botol yang terkumpul

Setelah serpihan botol keluar, langkah selanjutnya adalah pencucian yang terdiri dari dua tahap. Pertama pencucian dengan air tawar baru kemudian dengan air hangat. Tujuannnya untuk membersihkan bakteri yang menempel dalam botol. Setelah dicuci, masuklah cacahan botol ini dalam mesin pengering. Sampah botol plastik jenis pip atau yang biasa disebut dengan plytherly telpep berasal dari bekas botol air mineral biji plastik. Plastik jenis ini, digunakan untuk bahan baku benang plyesther, sedangkan pipi atau plypropilen yang berasal dari gelas minuman plastik transparan biasa digunakan sebagai bahan baku pembuat tali rafia.
Untuk jenis botol plastik seperti bekas sampo, oli dan kemasan botol tebal lainnya, bisa dicetak menjadi barang lain seperti lataop atau ujung sapu. Dalam sehari, mesin baedowy mampu mengolah sekitar tiga ton sampah plastik. Setiap satu ton, ia memperoleh keuntungan satu juta rupiah. Maka bisa dihitung keuntungan yang diperoleh baedowy dalam satu bulannnya. Keuntungannya hampir ratusan juta rupiah. Yang lebih mengagumkan lagi, semua mesin yang ada di pabrik baedowy merupakan design dari inovasinya sendiri.
Berikut ini adalah beberapa hasil produk yang dibuat oleh, Pengusaha Muhammad Baedowy :



 

          Gambar 2.3 : Tempat Sapu                                        Gambar 2.4 : Tali Rafia


 

                Gambar 2.5: Bola Plastik                                       Gambar 2.6: Celengan


 

                                                         Gambar 2.7: Biji Plastik

Untuk kualitas produk yang dihasilkan sangat bagus, kuat, fleksibel, tidak mudah pecah, mudah diberi warna sehingga menambah daya tarik, mudah dibentuk dengan berbagai fungsi, isolator panas yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Namun,, Jika tidak digunakan sesuai fungsinya, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam plastik dapat membahayakan kesehatan.



 
B.    Harga Setiap Produk per Unit
Untuk harga yang ditawarkan oleh CV Majestic Buana Group yang dimiliki oleh Muhammad Baedowy dengan kisaran sebagai berikut :

NO.
NAMA BARANG
HARGA
1.
Biji Plastik
Rp12.000/kg
2.
Tempat Sapu
Rp500/buah
3.
Celengan
Rp7.500-Rp24.000/lusin
4.
Mesin Pencacah Plastik
Rp 29.000.000-Rp45.000.000/unit
5.
Tali Rafia
Rp150.000/ball
6.
Bola Plastik
Rp1000/buah

B.   Distribusi barang
 Awalnya bijih plastik dan cacahan plastik yang diproduksi Baedowy hanya dijual dipasaran lokal saja. Baedowy menjual cacahan dan biji plastik hasil produksinya  melalui teman yang kemudian disalurkan ke eksportir. Selanjutnya Baedowy menjual sendiri langsung ke eksportirnya. Dari informasi yang ia peroleh lambat laun Baedowy kenal dengan pembeli di China. Baedowy bekerja sama dengan supplier dan eksportir. Namun sejak tahun 2003, Baedowy telah mampu mengekspor sendiri biji plastik tersebut kebeberapa negara utamanya ke negara tirai bambu, China.
 Berbekal pengalaman yang dimilikinya, Baedowy ingin berbagi pengetahuan dengan mengajak orang lain menjadi pengusaha daur ulang plastik lewat pelatihan bisnisnya dan diajak menjadi mitra kerjanya untuk sama-sama mendulang rejeki dari apa yang orang anggap sebagai sampah selama ini. Melalu kerja sama dan pelatihan, CV Majestic Buana Group dikenal oleh banyak orang.

C.   Cara melakukan Promosi barang
Belajar dari Pengusaha Sampah Muhammad Baedowy yang berhasil menjual produknya di pasaran, ternyata tak sedikit dari mereka yang memakai formula Bauran Promosi (Promotion Mix), yaitu berbagai perangkat komunikasi yang digunakan untuk kegiatan promosi. Penggunaan berbagai alat dalam melakukan promosi ini merupakan cara terbaik untuk dapat menyampaikan pesan tentang produk kepada target konsumennya secara efektif. Bauran promosi ini merupakan salah satu bagian dari Bauran Pemasaran atau yang sering disebut Marketing Mix. Secara sederhana lima perangkat tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :
  • Advertising (Periklanan) : CV Majestic Buana Group yang dimiliki oleh Muhammad Baedowy, mengiklankan produknya melalui media Internet. Sehingga produknya dapat dikenal oleh orang banyak. Periklanan bisa dimaknai sebagai media komunikasi massa yang dibuat untuk tujuan mempengaruhi target pasarnya. Adapun obyek yang dikomunikasikan bisa berupa ide/gagasan, barang, jasa ataupun lainnya yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga, institusi, atau siapapun juga. Iklan bisa menjadi salah satu media yang efektif untuk berkomunikasi dengan banyak orang.
  • Sales Promotion (Promosi Penjualan)  : CV Majestic Buana Group melakukan promosi di Pasar Lokal. Promosi Penjualan (Sales Promotion) adalah suatu kegiatan perusahaan untuk menjajakan produk yang dipasarkan sedemikian rupa sehingga konsumen akan mudah untuk  melihatnya dan bahkan dengan cara penempatan dan pengaturan.
  • Public Realation and Publisity (Hubungan Massa) : CV Majestic Buana Group mengadakan pelatihan daur ulang sampah kepada masyarakat/publik yang ingin bekerja sama dengannya. Sehingga semakin lama masyarakat semakin mengenal perusahaan CV Majestic Buana Group yang menjadi pelopor pengusaha lain untuk menggeluti usaha daur ulang sampah. Public Relation adalah bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian Dalam perusahaan maupun organisasi, Public Relation memiliki peranan penting untuk membangun citra yang baik di masyarakat mengenai produk, perusahaan maupun organisasi. Dengan memiliki citra yang baik di mata masyarakat luas tentu akan semakin memperkuat nilai tawar sekaligus dapat memperpanjang kelangsungan hidup produk, perusahaan maupun organisasi.
  • Personal Selling (Penjualan Perorangan) : Muhammad Baedowy menawarkan produknya melalui temannya, kemudian dari pertemanan tersebut ia berinteraksi dengan eskportir. Sehingga lambat laun, ia dikenal oleh pembeli Cina. Akhirnya ia dapat mengeskpor sendiri produknya tersebut. Personal Selling adalah kegiatan promosi yang dilakukan dengan cara berinteraksi secara langsung dengan calon pembeli. Para pemasar dapat berinteraksi secara langsung secara pribadi maupun kelompok dengan target pasarnya.
  • Direct Marketing (Pemasaran Langsung) : Direct Marketing adalah ketika perusahaan ingin menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan, mereka menggunakan strategi komunikasi langsung, dimana lebih bisa berinteraksi, database yang memicu proses komunikasi pemasaran menggunakan media untuk mendorong respon pelanggan. Dengan melakukan dengan teknik promosi ini, pihak perusahaan akan mampu menciptakan hubungan baik dengan pelanggan.
         Muhammad Baedowy menulis kontak perusahaan di blog tentang pengusaha untuk ditujukan kepada para calon mitra dan pembeli yang ingin berkomunikasi dengannya, sebagai berikut :
KONTAK M. BAEDOWY
Majestic Buana Group
Jl. Raya Cimuning 35
Kelurahan Cimuning, Kota Legenda,
Kecamatan Mustikajaya, Bekasi Timur
Tel. (021) 7020 1859 (flexi), 0815 1403 8689 (HP)
Email:
majesticbuana@yahoo.com

Pengaruh Adanya Pengusaha Daur Ulang Sampah bagi Lingkungan
o   Menghemat energi
o   Mengurangi Polusi
o   Mengurangi Pencemaran Tanah oleh plastik
o   Menciptakan lapangan pekerjaan dari sektor informal. Berapa banyak sampah plastik yang bisa diangkut oleh pemulung untuk dijual kembali ke pengepul dan pemasok perhari nya. Hal ini bisa dijadikan ladang penghasilan pemulung untuk memenuhi biaya hidup mereka.
o   Menyediakan bahan baku bagi sektor industri. Sampah hasil penyortiran pemulung di jual kembali ke industri-industri untuk di daur ulang untuk di jadikan bahan baku kelas dua.
o   Menciptakan inovasi-inovasi baru bagi pelaku industri kerajinan tangan rumahan dengan membuat kerajinan tangan dari sampah plastik untuk dijual kembali.
o   Berkurangnya biaya pengangkutan sampah khususnya sampah anorganik. Dengan meningkatnya laju daur ulang sampah maka akan mengurangi volume sampah yang masuk ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah). Sehingga akan mengurangi biaya pengangkutan sampah.
o   Dan sebagainya


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal kita sudah banyak tercemar oleh sampah plastik. Sampah ini sangat mudah didapatkan dimana-mana dan berakibat buruk dimasa yang akan datang baik bagi lingkungan maupun bagi kesehatan. Pencemaran tanah merupakan salah satu akibat dari sampah plastik. penanggulangan sampah plastik dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari membiasakan diri dengan tidak membuang sampah plastik secara sembarangan dan melakukan daur ulang sampah. Agar dapat menjadi barang yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
Inovasi yang dilakukan Muhammad Baedowy tak hanya membuahkan rupiah, tapi juga menyelamatkan lingkungan. Usaha yang dilakukan Baedowy dan pengusaha limbah sampah lainnya sangat membantu dalam mengurangi beban di tempat pembuangan akhir (TPA) dan dapat membangkitkan perekonomian rakyat. Berbekal pengalaman yang dimilikinya, Baedowy ingin berbagi pengetahuan dengan mengajak masyarakat menjadi pengusaha daur ulang plastik lewat pelatihan bisnisnya dan diajak menjadi mitra kerjanya untuk sama-sama mendulang rejeki dari apa yang orang anggap sebagai sampah selama ini.

3.2 Saran
        Sebaiknya mulai dari saat ini, kita harus mempelajari proses mendaur ulang sampah menjadi barang yang bermanfaat dan dapat memperoleh keuntungan. Jadilah seorang pengusaha yang menciptakan inovasi baru untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dan dapat bersaing dengan pengusaha asing lainnya. Muhammad baedowy berpesan kepada kita bahwa “kita jangan cepat-cepat ingin mengerjakan pekerjaan yang besar , karena pekerjaan besar, proyek besar akan jarang kita temukan, yang sering kita temukan adalah pekerjaan yang kecil-kecil, tapi bagaimana mungkin kita bisa mengerjakan pekerjaaan yang besar , kalau yang kecil saja belum terbiasa. Sekecil apapun pekerjaan itu datangnya dari tuhan, maka harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan hati yang suci.”




BAB IV
REFERENSI

1 komentar:

  1. Sebenarnya banyak sekali cara untuk menangani masalah sampah ini, contohnya dengan cara daur ulang yang bisa menghasilkan kompos alami yang bisa dimanfaatkan oleh para petani dan masyarakat, dengan cara itu pula para petani bisa meminimaliskan penggunaan pupuk anorganik. Karena dengan pupuk anorganik itu bisa membuat kerusakan lingkungan antara lain pencemaran di dalam air dan tanah. Selain itu juga kita dapat memanfaatkan bungkus kemasan kopi ataupun sampah plastik lainnya untuk dijadikan barang-barang baru yang dapat digunakan, seperti tas, topi, vas bunga, tikar, dan masih banyak lagi yang dapat dihasilkan jika kita mau belajar untuk mengembangkan hal tersebut Jasa Penulis Artikel jual kardus bekas

    BalasHapus