Naruto Uzumaki Shoulder Pump

Minggu, 12 November 2017

Tulisan 10 Softskill



 PENGARUH BISNIS ONLINE TERHADAP BISNIS OFFLINE  DI INDONESIA SALAH SATUNYA PADA KEBANGKRUTAN JARINGAN RITEL MAINAN TOYS R US




Disusun Oleh :
Nama        : NADIA DAMAYANTI
NPM          : 26217653
Kelas         : 1EB18


Tulisan 10
Pengantar Bisnis #
Dosen : S Tiwi Anggraeni





UNIVERSITAS GUNADARMA
Jalan. K.H Noer Ali, Kalimalang, Bekasi



BAB I
PENDAHULUAN

Pada saat ini zaman semakin modern, teknologi yang semakin canggih hampir semua pekerjaan sehari-hari diberlakukan dalam sistem online, salah satunya berbelanja. Semua serba online memiliki dampak positif dan negatifnya. Salah satu dampak negatifnya yaitu jika masyarakat lebih tertarik berbelanja secara online, toko yang masih bersistem offline akan mengalami penurunan pendapatan yaitu salah satunya toko ritel mainan terbesar AS Toys R Us mengalami kebangkrutan. Sebelumnya Toys R Us telah berusaha memperbaiki bisnis setelah terlilit utang.
Toys R Us mengajukan dokumen yang merupakan dokumen pengajuan pailit. Bangkrutnya Toys R Us salah satunya disebabkan oleh anjloknya frekuensi pengunjung dan ancaman toko online. Munculnya kabar kebangkrutan Toys R Us membuat saham beberapa mengalami penurunan. Utang Toys R Us mencapai 3 miliar dollar AS.


BAB II
ISI
Bisnis online telah menarik perhatian di kalangan masyarakat. Hal ini terlihat dari maraknya toko online yang bermunculan. Fakta ini semakin merugikan bisnis offline atau konvensional yang telah lama menjadi keseharian dari rakyat Indonesia. Ada banyak faktor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis online di Indonesia diantaranya pengguna internet yang semakin banyak.
üPertumbuhan pengguna Internet di Indonesia cukup massif
Dari masyarakat kota hingga desa, semua tahu internet dan telah menggunakannya setiap hari.
ü  Jumlah transaksi e-commerce meningkat signifikan dari tahun ke tahun
Dari segi waktu, biaya dan tenaga, sudah jelas bisnis online jauh lebih menguntungkan. Masyarakat sudah banyak yang beralih menggunakan e-commerce atau transaksi keuangan online dari pada transaksi manual menggunakan uang pecahan.
ü  Dampak Nyata Bisnis Online Terhadap Bisnis Offline
Dengan mudahnya mengakses internet di Indonesia sekarang ini, masyarakat cenderung lebih suka transaksi secara online. Selain cepat dan mudah, transaksi online juga lebih efisien daripada transaksi manual di pasar-pasar dan toko.
ü  Internet untuk Media Promosi
Social media adalah salah satu media paling mudah untuk mempromosikan suatu barang, mengingat banyaknya pengguna sosmed di Indonesia saat ini.
ü  Masa depan bisnis Offline
Yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis offline adalah mulai menggunakan media online sebagai sarana bisnis mereka, terutama untuk promosi. Sebagian besar bisnis online memerlukan Kartu Kredit untuk metode pembayarannya

            Hal-hal tersebut yang menyebabkan Jaringan toko mainan ritel terbesar Amerika Serikat (AS) Toys 'R' Us mengalami kebangkrutan setelah terlilit utang. Bangkrutnya Toys 'R' Us ini merupakan suatu pelajaran bagi toko ritel offline akibat menurunnya frekuensi pengunjung dan ancaman toko online.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Toys 'R' Us mengalami kebangkrutan setelah terlilit utang. Bangkrutnya Toys 'R' Us ini merupakan dampak dari adanya toko online. Diketahui, Toys 'R' Us dibebani utang sebesar 6,6 miliar dolar AS pada 2005. Jaringan ritel mainan anak-anak ini memiliki aset sebesar 6,9 miliar dolar AS dan disebut sebagai kebangkrutan ritel terbesar kedua. CEO Toys'R'US David Brandon menjelaskan, salah satu penyebab ambruknya jaringan toko yang memiliki 64 ribu pegawai ini adalah hantaman toko ritel online seperti Amazon.com, peritel online terbesar di Amerika Serikat.

Saran
Sebaiknya segera melakukan strategi pemasaran untuk dapat bersaing dengan toko online. Kita harus mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern, bukan memusuhinya.



BAB IV
REFERENSI
Widyatmini, Pengantar Bisnis, Gunadarma, Jakarta, 1992. (Ebook Tingkat I Universitas Gunadarma PTA 2017/2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar