PENGARUH BISNIS PELAYANAN TRANSPORTASI BERBASIS
APLIKASI ONLINE TERHADAP MASYARAKAT DI INDONESIA
Disusun Oleh :
Nama : Nadia Damayanti
NPM : 26217653
Kelas : 1EB18
Tulisan 5
Pengantar Bisnis #
Dosen : S Tiwi Anggraeni
UNIVERSITAS GUNADARMA
Jalan. K.H Noer Ali,
Kalimalang, Bekasi
BAB I
PENDAHULUAN
Layanan transportasi berbasis
aplikasi atau online sangat diminati oleh masyarakat di Indonesia terutama di kota
besar seperti Jakarta, Jakarta identik dengan kemacetan. Melalui aplikasi ojek
online akses jalan dan efisiensi waktu lebih cepat dibandingkan dengan
transportasi umum. Masyarakat Indonesia telah merasakan apa saja pengaruh baik
positif maupun negatif dalam menggunakan jasa transportasi yang dipadukan
dengan kemajuan teknologi tersebut.
Bicara soal pengaruh positif, hal
pertama yang dirasakan oleh para konsumen adalah kemudahan memesan layanan
tersebut. Kemudahan itu didapatkan dengan banyaknya masyarakat yang sudah
memiliki smartphone dan koneksi internet, sehingga memungkinkan untuk mengakses
aplikasi dan memesan hanya dengan sentuhan jari. Keuntungan berikutnya adalah
harga di bawah tarif sebagian besar angkutan umum.
Namun, tidak menguntungkan bagi
sopir taksi, metro mini, bajaj, dan angkot. Karena dengan adanya layanan
transportasi berbasis aplikasi online, sangat menyengsarakan pengemudi angkutan
umum resmi dan menurunkan penghasilan secara drastis. Hal tersebut adalah salah
satu pengaruh negatif adanya layanan transportasi berbasis aplikasi online.
Untuk itu, saya akan membahas secara detail pengaruh bisnis pelayanan
transportasi berbasis aplikasi online terhadap masyarakat di Indonesia.
BAB II
ISI
Merebaknya ojek
berbasis online pada 2015 menimbulkan pengaruh positif dan negatif. Pemerintah
memberikan batas waktu kepada layanan jasa transportasi online untuk melengkapi
persyaratan administrasi hingga akhir Mei 2016. Pasalnya, pemerintah tidak
mungkin untuk menutup layanan transportasi online. Karena masyarakat sangat
antusias dalam menggunakan layanan transportasi berbasis aplikasi online.
Menteri
Perhubungan Ignasius Jonan menuturkan,
jika layanan transportasi online sudah resmi, maka banyak hal positif yang bisa
didapatkan oleh mitra kerjanya. Jonan mencontohkan, semua layanan transportasi
online wajib mendaftarkan pengemudinya ke dalam bentuk badan usaha. Serta
kepastian dan keamanan masyarakat bisa mengetahui siapa pengemudi dan
keselamatan untuk pengemudinya juga.
Menurutnya,
sistem portal boleh saja asalkan bisnis tersebut legal. Oleh karena itu, jika
kendaraan juga perlu didaftarkan. Misalnya, ketika ada perawatan mobil.
Sekalipun itu mobil pribadi maka akan dapat ditanggung badan usaha ketika
terjadi kerusakan. Pasalnya perusahaan harus menjamin keamanan kendaraan yang dijadikan
layanan transportasi. Warga Jakarta yang membutuhkan angkutan cepat menembus
kemacetan tentu saja sangat terbantu dengan keberadaan ojek online. Tetapi
dampak lainya, mereka juga menimbulkan kemacetan.
Namun
sebaliknya, bagi pihak angkutan umum seperti sopir taksi, Metro Mini, Bajaj,
angkot, dan sebagainya. Layanan transportasi berbasis online sangat merugikan. Ribuan
pengendara angkutan darat yang terdiri dari sopir taksi, metromini, bajaj, dan
angkot berunjuk rasa di dekat Istana Negara. Mereka menuntut agar transportasi
berbasis aplikasi online segera ditutup. Ada sekitar 15 ribu demonstran yang
ikut turun ke jalan. Akibat berkurangnya pemasukan tiap bulan, banyak sopir-sopir
yang tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti membayar
kontrakan. Bahkan, ada istri yang meminta cerai.
Pihak angkutan
umum bukannya mempermasalahkan kalah saing dengan transportasi berbasis online.
Selama mereka menaati aturan-aturan yang sudah ada, membayar pajak, jika mereka
taksi maka mereka memasang plat kuning, ada argo dan tera, pihak angkutan umum
tidak mempermasalahkan. Sementara, setiap kali mereka mengaku rugi karena harus
mengeluarkan biaya untuk mengurus semua persyaratan agar menjadi transportasi
umum yang legal. Pihak angkutan umum mengaku kecewa terhadap sikap pemerintah
yang malah melanggar aturan yang mereka buat sendiri.
Berikut ini pengaruh adanya layanan
transporasi berbasis online, antara lain :
a.
Pengaruh Positif
- Mempermudah masyarakat jika ingin pergi kemanapun
- Menghemat ongkos seperti adanya promosi
- Menciptakan Lapangan kerja
- Banyak fitur-fitur yang disediakan oleh perusahaan seperti order makanan, barang, dan sebagainya.
- Keamanan lebih terjamin karena identitas pengemudi berada ditangan pengelola perusahaan.
- Hemat waktu karena dapat menghindari kemacetan lalu lintas.
- Dan sebagainya.
b.
Pengaruh Negatif
- Banyak terjadi demonstrasi anarkis menuntut penutupan perusahaan layanan transportasi berbasis online.
- Penghasilan angkutan umum seperti taksi, angkot, metro mini menurun drastis.
- Persaingan dalam mencari penumpang semakin ketat.
- Kemacetan yang semakin parah
- Banyak sopir angkutan umum yang berhenti bekerja.
- Dan sebagainya
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Bisnis layanan transportasi berbasis online
menimbulkan pro dan kontra di Lingkungan masyarakat. Melalui aplikasi ojek
online akses jalan dan efisiensi waktu lebih cepat dibandingkan dengan
transportasi umum. Masyarakat Indonesia telah merasakan apa saja pengaruh baik
positif maupun negatif dalam menggunakan jasa transportasi yang dipadukan dengan
kemajuan teknologi tersebut. Hal yang dirasakan oleh para konsumen adalah kemudahan
memesan layanan tersebut dan harga di bawah tarif sebagian besar angkutan umum.
Namun, tidak menguntungkan bagi sopir taksi, metro
mini, bajaj, dan angkot. Karena dengan adanya layanan transportasi berbasis
aplikasi online, sangat menyengsarakan pengemudi angkutan umum resmi dan
menurunkan penghasilan secara drastis. Beberapa dari mereka sampai kehilangan
pekerjaan.
Saran
Sebaiknya
pemerintah lebih aktif lagi dalam menanggulangi masalah yang ditimbulkan oleh
bisnis layanan transportasi berbasis online. Karena untuk sebagian masyarakat
lambat dalam mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. Teknologi
seharusnya diikuti bukan dimusuhi. Serta untuk pihak angkutan umum, jangan
melakukan hal yang bersifat anarkis, kita boleh mengeluarkan pendapat yang baik
tanpa harus bersifat anarkis didepan publik. Ingatlah bahwa rezeki sudah diatur
oleh Allah SWT.
BAB IV
REFERENSI
Widyatmini, Pengantar Bisnis,
Gunadarma, Jakarta, 1992. (Ebook Tingkat I Universitas Gunadarma PTA 2017/2018)
http://megapolitan.kompas.com/read/2015/12/18/06400081/Plus.Minus.Keberadaan.Ojek.Online. Berita dipublikasikan
pada 18 Desember 2015, 06:40 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar